Di tulisan ini tak akan dibahas apa itu error 404, yang pasti mengganggu dalam blogging serta perayapan sebuah tulisan. Ini dialami oleh cahpondokkan saat tes tes tulisan (artikel) di GSC atau search console yang indikasinya mengandung kesalahan atau error.  Sangat mudah ditunjukkan oleh tabulasi (kolom kolom) GSC. Kebetulan tampilannya seperti gambar berikut ini :

file file yang akan di tes di GSC karena adanya error

Kapan tulisan (artikel) masih belum lolos 100% yakni setelah uji atau tes status dari tulisan tersebut. Meski centang hijau usai tes GSC itu belum jaminan 100 persen tulisan ini aman dari status nya dan bisa diketahui setelah tes di status via cek status artikel. Jika ada tanda hijau misal dengan nilai 200, maka artikel ini lolos atau sudah siap untuk perayapan otomatis (crawl). Misal dilampirkan sebagai berikut  yakni dengan tanda 200 warna hijau.

kanan bawah warna hijau tanda status artikel sukses

Secara umum meski centang hijau di GSC (sukses) ternyata di tes status masih ada kesalahan, inilah yang akan dibahas. Contoh hasil tes status artikel dengan (hhtpstatus) diatas adalah kesalahan secara umum, bisa diilustrasikan sebagai berikut. Ada tanda error di kanan bawah.


Sesuai tema di atas, ada kesalahan (error) yang ternyata diluar kendali yakni error 404 alias link nya rusak (broken). Bisa digambarkan sebagai berikut :


Sesuai gambar-1 (bagian paling atas) di daftar tulisan ditandai dengan garis merah, bagaimana mengentaskannya ?. Yakni tulisan tentang  9-artikelpun-sudah-dapat-diterimapadsense. Seperti artikel yang diberi garis merah, maka memang ada struktur yang rusak yakni diterimapadsense. Nah tulisan ini diperbaiki dulu yakni dengan memberikan tanda pisah (-) pada diterimapadsense, sehingga menjadi lah diterima-adsense di dashboard Blogger. Caranya ?

  1. Kembalikan artikel mode draft, lalu edit seperlunya terutama perbaikan link dengan menuliskan yang benar yakni 9-artikelpun-sudah-dapat-diterima-adsense. Setelah proses editing, SAVE dan posting ulang hingga muncul tombol atau kontak konfirmasi penerbitan (confirmed)
  2. Lalu preview buat tes kalimat, ejaan, tanda baca dan lain lain.
  3. Tes artikel tsb dengan URL inspection hingga centang hijau (standard GSC)
  4. Setelah editing dari draft file, tes GSC hingga centang hijau, langkah terakhir adalah
  5. Tes http status, dan biasanya setelah via proses editing dengan centang hijau di GSC maka akan menghasilkan artikel cukup sukses untuk perayapan.
Hasil akhir dari tulisan 9-artikelpun-sudah-dapat-diterima-adsense, akhirnya didapat warna hijau nilai 200 sebagaimana hasilnya sebagai berikut :

Nah, mudah bukan ? Selamat mencoba semoga dilancarkan oleh Alloh SWT.