Tulisan gado gado di blog ini memang terkadang membuat crawling (penelusuran dan perayapan) sedikit confuse (acak tidak beraturan). Namun tiadalah mengapa, namanya private blog memang ada yang ditujukan untuk memenuhi selera penulis (author). Ini tulisan ke 180 dari koleksi cahpondokkanBlog yang dirintis 2 tahun lalu. Hari ini sengaja meluangkan waktu untuk tes Search Console meski tipe tahap ini cukup membosankan dan menjenuhkan. Dengan sedikit santai dan sedikit serius masing masing tulisan diulang kembali terutama untuk tulisan yang masuk kategori tidak bisa dirayapi (currently not indexed) oleh sistem google. Dan cukup melelahkan pula meski pekerjaannya tergolong mudah, karena hanya memasukkan URL (links) yang masuk kategori not indexed.

grafik seacrh console klas not indexed oleh sistem

Ada beberapa artikel atau tulisan yang terindikasi oleh currently not indexed, maka cara sederhana yang diperlukan adalah tes kembali di kolom pengujian URL Inspection. Setelah mantap pengujian ditandai dengan centang hijau, maka tes sebuah tulisan dilanjutkan tulisan berikutnya. Demikian seterusnya sesuai dengan jumlah tulisan yang tak terindek tersebut. Ada kurang lebih 117 judul tulisan yang akhirnya diujikan demikian. Dan alhamdulillah, begitu centang hijau diperoleh, untuk sementara tulisan ini bisa dirayap oleh google (crawl). Sambil cek up di dashboard blogger, ternyata 1 tulisan hasil uji ini mendapatkan kenaikan 5-10 value. Mungkin seperti tulisan yang diediting atau dikoreksi karena ada kesalahan.

Demikianlah tulisan singkat namun tetap diperlukan manakala tulisan tulisan di blog atau website sudah mengalami kenaikan kuantitas (jumlah), sebaiknya dilakukan tes tes GSC kembali. Meski blog ini juga dilindungi dengan autojigling bagaimanapun ini sebuah media, tetap harus dilakukan keamanan dan perlindungan secara kontinyu.