Makna Jamaah Subuh Sama Dengan Jamaah Jumat, mungkin para penikmat informasi ini entah via ceramah atau media sosial sudah akrab. Via media sosial bahwa ini pernah dilontarkan tentara Isr43L beberapa tahun silam tentang kapan Palestina bisa menang melawan hagemoni al yahud via zionis nya. Syarat mudahnya adalah Jumlah jamaah sholat shubuh menyamai atau hampir sama dengan jamaah sholat jumat. Di negri kita Indonesia, jamaah Jumat yang sepekan sekali memang selalu membludak bahkan bisa dikatakan tiap masjid sudah tak menampung lagi mereka yang ingin melaksanakan ibadah di hari agung ini dalam agama Islam. Apalagi saat masa corona justru geliat jumah berkah mulai diperkenalkan oleh beberapa masjid dan saat ini sudah menasional.

syeh ibrahim road show beberapa waktu lalu

Saat ini Syeh Ibrahim, demikian dipanggil dengan singkat agar mudah dihafal sedang berada di Solo Raya dalam rangka pencarian donasi untuk Gaza dan Palestina. Beliau masih muda sekali dan berasal dari Gaza, dan memang lahir di sana. Sejak 2019 berada di Indonesia untuk bergabung dengan ACA (Aku Cinta Al Aqsho), sebuah badan nirlaba yang aktivitasnya membantu korban keganasan zionis. Mungkin publikasi dan advertensi yang agak kurang, kehadiran beliau belum mengundang antusias warga muslim Solo sekitar. Tadi pagi usai Subuh di masjid Laweyan, masjid dengan titisan sejarah yang kental konon jadi persinggahan Pangeran Diponegoro saat bergerilya melawan Belanda kurang lebih th 1800 an. 

Dan nampak sedikit sekali yang hadir, kebanyakan dari siswa siswa tahfidz.  cahpondokkan saat malam sempat lihat sebaran di grup WA sudah agak larut dan rasanya ingin hadir usai Subuh an bersama di masjid Laweyan. Beliau cukup fasih berbahasa Indonesia kecuali untuk beberapa istilah khusus memang sesekali minta saran pada jamaah. Diantara keluarga beliau ada yang insya Alloh syahid di operasi Taufan Al Aqsho ini, yakni saudari ipar serta suami wanita tsb yakni kakak nya sendiri bulan Oktober 2023 kemarin. Penggalangan dana juga agak kurang menyasar, disebabkan jamaah yang mustinya dengan target juragan juragan muda Laweyan kurang tersampaikan. 

Beda dengan malam ini di masjid Penumping (Istiqomah) dengan mustami' (pendengar) ceramah yang cukup banyak serta lingkungan perumahan meski perumahannya kategori lama, bisa  terkumpul lebih dari 25 jt (pengajian rutin malam rabu bakda magrib). Pola pembayaran boleh diangsur dengan durasi tergantung donatur. Dibuka dengan free value 5 jt dan 1 juta.....Alhamdulillah, beliau ucapkan atensi ini pada jamaah yang hadir sebagai jamaah maghrib - isya' masjid Istiqomah yang insya Alloh diberkahi Sang Khaliq. Para donatur akan mendapat lencana berupa syal khas Palestina dan mushaf edisi Palestina.

syeh ibrahim di masjid Laweyan subuhan tadi pagi

Sesuai tema Makna Jamaah Subuh Sama Dengan Jamaah Jumat, sempat kami lontarkan ke nara sumber disamping 2 pertanyaan lain. Apa maksud dari informasi tersebut ?. Beliau menjawab dengan lugas dan jelas bahwa jamaah subuh di hampir seluruh Palestina dan sekitarnya sudah ke taraf itu. Yakni memang jamaah subuh hampir sama dengan solat jumat. Lalu kami teruskan, apakah berlaku bagi negri negri lain ?, beliau sampaikan sementara berlaku di Palestina dulu, Inilah kenapa masuk hari ke-70 an dari operasi awal Oktober 2023 pasukan Hamas masih konsisten tanpa alami kendor sama sekali. Bahkan informasi Beliau di masjid Istiqomah, pasukan Hamas yang turun saat ini belum sampai 1/4 nya, artinya memang perang ini akan diagendakan untuk jangka panjang.

Masya Alloh.....dengan alokasi 1/4 saja sudah demikian dahsyat perang di Bumi Syam, bagaimana jika yang separuhnya keluar semua ?. Argumen kami sendiri. Informasi lain bahwa sudah hampir 900 an tank tank zionis sudah luluh lantak, sementara alokasi sebesar lebih kurang 2000 tank. Artinya 1/2 kekuatan tank zionis sudah kikis dan luluh lantak dengan 1/4 kekuatan Hamas. Beliau meyakinkan kepada muslimin, khususnya dunia bahwa optimisme Hamas insya Alloh tidak diragukan lagi di momen saat ini. Semoga saja, ada kejadian tak terduga di hari hari mendatang dan merupakan bisyaroh (kabar gembira) buat muslim dunia. Kenapa ?. Yahh......bulan rojab adalah bulan kembalinya baitul maqdis di tangan muslimin, yakni saat Salahudin Al Ayyubi sebagai pimpinan pasukan pembuka kota tersebut.

Tentu ada PR yang lain, bagaimana dampak dan efek jika solat subuh yang jumlahnya seperti solat jumat ini dilaksanakan muslimin seluruh dunia. Atau minimal 1/2 nya dulu lah diluar kawasan Bumi Syam (Palestina dan sekitarnya). 

Dan menutup ceramahnya, beliau utarakan bahwa meski sebagai warga Gaza adalah miris sekali bahwa beliau belum pernah merasakan solat di Masjidil Aqsho yang jaraknya lebih kurang 50 km saja dari kediamannya.. Karena memang institusi yang menguasai sering melanggar sendiri aturan yang dibuatnya. Yakni meski secara lahir/ aturan mengijinkan muslim masuk dan ibadah di masjid Al Aqsho, prakteknya sering berkebalikan. Apalagi di bulan ramadhan, gangguan justru dari pihak keamanan sendiri yang tugas aslinya semacam satpam bila di Indonesia dan mengenakan senjata lengkap,

Wallohu A'lam