Bagi pemirsa, penyimak serta hadirin yang sempat mengikuti khataman Hadist Bukhori di masjid Riyadh Solo, silakan hadir pekan depan. Insya Alloh berlangsung hari Senin 29 Rojab 1444 H atau 20 Februari 2023. Rangkaian pembacaan secara berurutan dari jilid 1 hingga jilid 4 selama bulan Rojab dimulai awal Rojab (jilid 1). Kurang lebih 7562 hadist sahih Bukhori diprogramkan selesai 1 bulan.. Syarah disampaikan menjelang usainya tiap pembacaan kurang lebih 10-16 menit dengan narasumber bergantian. Baik Habib Umar Assegaf, Habib Ali Al Habsy, Habib Muhammad Al Habsy, Habib Ahmad Al Habsy serta Habib Alwy Alhabsy. Pembacaan berlangsung 2 sessi, pagi dari jam 06.00 - 07.30 dilanjutkan sarapan pagi serta siang (rouhah) jam 11.00 - 12.30 dilanjutkan solat dhuhur berjamaah di masjid Riyadh. Acara dipandu oleh sohibul bait (tuan rumah) Habib Hasan Bin Anies Al Habsy. Materi atau program ini sudah berlangsung bertahun tahun meski materi Hadist Bukhori ada setiap hari Senin pada majelis siang (rouhah). Hanya di Bulan Rojab, khusus untuk khataman Bukhori full selama 1 bulan. Ternyata acara demikian juga berlangsung di negriu habaib (Yaman) khsususnya Tarim dan Sewun.

inzet video kajian khataman Bukhori siang tadi (rouhah)

Sebelumnya khusus bulan Rabiul Awal (maulud : indonesia) dikhususkan pembacaan shiroh nabawiyah juga sebulan full. Kitab karya keluarga ahlul bait ini juga direkomendasikan seluruh dunia baik habaib atau umum, karya Imam Sirojudin Al Husainy (jalur imam Husein bin Ali RA). Memang di majelis rouhah dan maulid (malam jumat) masjid Riyadh selalu kebanjiran tamu dan hadirin baik lokal, luar kota hingga luar negri apalagi menjelang khataman Bukhori. Berbagai ahli hadist dari kalangan habaib akan kumpul serta bersama sama menyemangati berbagai kalangan yang hadir agar tidak melupakan mengkaji hadit Bukhori, khususnya kepada keluarga yang berangkutan agar tetap menjaga tradisi seperti ini. Seperti yang sudah berlangsung, biasanya akan dihadiri oleh tamu baik luar negri seprti Yaman, Malaysia, Singapora dan beberapa Habaib Indonesia. Meski tak sebesar haul, momentum khataman Bukhori tersebut cukup dinantikan oleh muslimin khususnya yang mengikuti berbagai program masjid Riyadh Solo.

Bagi yang tak bisa hadir secara langsung (talaqqi), bisa menyimak di channel you tube masjid riyadh Solo dan biasanya 1 jam setelah kajian atau pembacaan hadist Bukhori sudah tampil dengan sedikit editing (bahkan bisa dikatakan masih apa adanya). Editing ada di penamaan, tanggal, serta nama narasumber yang bersangkuta, Subtansinya (isi atau materi yang berlangsung) dipertahankan apa adanya. Pagi dan siang tadi sudah memasuki jilid-4 kira kira 30% dari total jilid-4 dan Insya Alloh nanti di hari Senin 20 Februari 2023 tinggal sedikit lagi yang memang disediakan untuk khataman dilanjutkan dengan beberapa nasehat para habaib yang sepuh )senior) kepada habaib yamg masih muda. Tuan rumah diwakili 1 habib dan tamu biasanya dari ketua Alawiyyin Indonesia (organisasi habaib resmi yang terdaftar di dunia). Dan sejak cahpondokkan ikuti acara ini, dari tamu biasanya beliau Habib Taufiq Assegaf dari Pasuruan yang saat ini menjadi Ketua Kehormatan Alawiiyin Indonesia.