2 hari sudah kami lakukan iklan di media sosial tentang penjualan Iphone yang ditemukan di masjid plumbon dan tak luput kami buat artikel dalam bahasa inggris pula untuk keperluan blogging saja. Hampir sebulan lebih sepekan dimana artikel dibuat tertanggal 23 Agustus 2023 sedangkan saat ini adalah awal Oktober 2023 bertepatan dengan tanggal 1. Bisa dikatakan 1 bulan 7 hari, atau 37 hari hitungan normal. Cukup sudah merawat barang (iphone) orang lain agar kembali ke pemiliknya yang asli dan syah. Sempat di pekan yang kedua ada komentar di forum media sosial (kalau tak salah info mojolaban) ada yang mengaku memiliki Iphone tsb dengan nama Irfa (Cahayanto Irfan). 

itu memng kami (ifoel) mampir di masjid plumbon

Karena ibunya sedang sakit bahkan lalu wafat tak bisa urus iphone ini. Akhirnya nama ini cahpondokkan save sebagai pemilik. Anehnya saat ditawarkan untuk mengambil atau diantar ke rumah,  tak ada respon hingga beberapa hari. Termasuk agak sensitif kami tanyakan nomor pin/ pasword iphone ini juga tak ada respon. Untuk sementara keep dan stand by dulu HP nya. Akhirnya dengan iseng dan untuk cari srategi kami iklankan di media sosial dengan basis Solo dan Sukoharjo. Harga berapapun terserah, mengingat iphone ini seri 5/ 6 kisaran pasaran 500 ribuan atau kurang. Dengan iklan ini siapa tahu ada respon baik umum, penjual, peminat hingga bakul handphone. Tetap kurang sreg juga meski ada yang menawar, karena pertanyaannya seputar reset iphone atau bongkar paksa. 

Ternyata bukan seri 5/6 bahkan ada yang komentar itu seri 4 (lama) yang hanya bisa untuk dokumentasi, internet, telepon dan tak bisa whatsapp karena tak support sistem IOS nya. Hingga kisaran hanya di harga 200 ribuan, itupun untuk kondisi siap pakai tanpa reset ulang. Okelah, dan dengan iklan lagi artinya untuk memancing pemilik yang asli dan syah. Pertimbangan akhir, barang yang ditemukan di masjid insya Alloh insan baik secara lahiriah. Dan akhirnya berbagai personal yang menghubungi 2 hari ini menuju titik terang, yakni ada yang mengaku punya nama Memmy Sungkar sebagai pemilik HP itu. Beliau menunjukkan jejak digital (CCTV) masjid Plumbon dn benar yang dalam foto tersebuat adalah kami.

Memmy Sungkar di akhir perbincangan kami adalah beliau teman dekat Bp Isa sang perukyah cukup dikenal kalangan herbal communities di Solo. Bp Isa yang juga bermarga arab seperti Memmy tentu cukup mudah akan menghubungi kami karena kami dan Isa Rosidi kawan SMA seangkatan. Rencana malam ini akan sowan ke rumah kami Nirbitan nampaknya tertunda, karena beliau Memmy Sungkar masih berada di Semarang untuk sebuah keperluan. Penemuan iphone ini melengkapi temuan kami di masjid Al Khoir depan Novotel Solo. Saat itu menemukan tas pinggang ternyata berisi uang, SIM, STNL, beberapa ATM dan kartu BPJS. Akhirnya pemilik dg KTP Bojonegoro ini, semua barang kami kirimkan seperti alamat KTP dan uangnya ditransfer di lain hari setelah ada beberapa obrolan dengan istri sang pemilik yang kebetulan kartu BPJS nya sangat sangat krusial karena sedang berurusan dengan rumah sakit di Bojonegoro.

bagaimana respons Anda, kami, atau siapa saja jikalau barang yang selama ini diklaim hilang, hingga putus asa untuk mendapatkan kembali. Tiba tiba setelah beberapa hari berhasil kembali ke pangkuan pemiliknya dengan cara yang wallohu A'lam, hanya Alloh SWT yang Maha Tahu.